Publikasi Resmi









Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan - Fakultas Teknologi Pertanian - Institut Pertanian Bogor
Archive
Click For Detil

Dewan pembina :
Feri Kusnandar, Dr
(Ketua Departemen Ilmu dan
Teknologi Pangan)
Adhi Siswaja Lukman, Ir
(Ketua GAPMMI)

Dewan Redaksi :
Ketua :
Nuri Andarwulan, Prof. Dr
Anggota :
Hanifah Nuryani Lioe, Dr
Lilis Nuraida, Prof. Dr
Maggy T. Suhartono, Prof. Dr
Purwiyatno Hariyadi, Prof. Dr
Yunawati Gandasasmita, Ir. MAppSc

Redaksi Pelaksana :
Dede R. Adawiyah, Dr
Didah Nur Faridah, Dr
Nurheni Sri Palupi, Dr
Nur Wulandari, Dr
Puspo Edi Giriwono, Dr
Siti Nurjanah, Dr
Share this page:
Implementasi Statistical Process Control Pada Operasi Pengisian Produk Pangan Bubuk(Implementation of Statistical Process Control in Filling Operation of Powdered Food Product)

Volume 3(1) : , April 2014
Penulis : Winiati Pudji Rahayu1,2, Galih Nugroho1, Andro Frando Situmorang1
Institusi :

1Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor
2 South East Asian Food and Agricultural Sciences and technology (SEAFAST) Center, Institut Pertanian Bogor 


Kategori : Hasil Penelitian
Kelompok : Teknologi proses
Bahasa : Indonesia

Abstract

Variabilitas berat produk pada operasi pengisian yang terjadi pada pangan bubuk dalam kemasan merupakan masalah kualitas yang signifikan karena pembeli akan mendapat jumlah produk yang bervariasi dalam setiap kemasan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan statistical pro- cess control untuk mereduksi variabilitas tersebut. Tiga sumber variabilitas yang dianalisis adalah metode penimbangan, kinerja operator, dan berat kemasan. Analisis terhadap metode penimbangan yang dilakukan dengan uji gage Repeatability and Reproducibility (R&R) menunjukkan bahwa metode penimbangan pada pengukuran berat produk pada sachet dan box berdampak terhadap 3.55 dan 1.30% variasi produk akhir. Analisis terhadap kinerja operator yang dilakukan dengan uji ketepatan pengaturan berat menunjukkan bahwa under-adjustment, yaitu terlewatnya pengaturan knob mesin pengisian saat beratnya diluar batas kontrol, merupakan sumber variabilitas yang signifikan. Analisis terhadap berat kemasan yang dilakukan ? dengan uji konsistensi menggunakan bagan kendali X-R menunjukkan bahwa konsistensi berat kemasan 1 diantara 2 suplier berada diluar batas kontrol. Pengetatan prosedur monitoring berat produk dengan interval 15 menit mampu mengubah rata-rata berat produk dari 2.028 menjadi 2.001 g, mendekati target berat produk 2.000 g.

 

 


Aplikasi praktis

Variabilitas berat produk pada operasi pengisian yang terjadi pada pangan bubuk dalam kemasan merupakan masalah kualitas yang signifikan karena pembeli akan mendapat jumlah produk yang bervariasi dalam setiap kemasan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan statistical pro- cess control untuk mereduksi variabilitas tersebut. Tiga sumber variabilitas yang dianalisis adalah metode penimbangan, kinerja operator, dan berat kemasan. Analisis terhadap metode penimbangan yang dilakukan dengan uji gage Repeatability and Reproducibility (R&R) menunjukkan bahwa metode penimbangan pada pengukuran berat produk pada sachet dan box berdampak terhadap 3.55 dan 1.30% variasi produk akhir. Analisis terhadap kinerja operator yang dilakukan dengan uji ketepatan pengaturan berat menunjukkan bahwa under-adjustment, yaitu terlewatnya pengaturan knob mesin pengisian saat beratnya diluar batas kontrol, merupakan sumber variabilitas yang signifikan. Analisis terhadap berat kemasan yang dilakukan ̅

dengan uji konsistensi menggunakan bagan kendali X-R menunjukkan bahwa konsistensi berat kemasan 1 diantara 2 suplier berada diluar batas kontrol. Pengetatan prosedur monitoring berat produk dengan interval 15 menit mampu mengubah rata-rata berat produk dari 2.028 menjadi 2.001 g, mendekati target berat produk 2.000 g. 


Pendahuluan

Harga Rp.10.000
Login

Copyright by jurnalmutupangan.com