Publikasi Resmi









Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan - Fakultas Teknologi Pertanian - Institut Pertanian Bogor
Archive
Click For Detil

Dewan pembina :
Feri Kusnandar, Dr
(Ketua Departemen Ilmu dan
Teknologi Pangan)
Adhi Siswaja Lukman, Ir
(Ketua GAPMMI)

Dewan Redaksi :
Ketua :
Nuri Andarwulan, Prof. Dr
Anggota :
Hanifah Nuryani Lioe, Dr
Lilis Nuraida, Prof. Dr
Maggy T. Suhartono, Prof. Dr
Purwiyatno Hariyadi, Prof. Dr
Yunawati Gandasasmita, Ir. MAppSc

Redaksi Pelaksana :
Dede R. Adawiyah, Dr
Didah Nur Faridah, Dr
Nurheni Sri Palupi, Dr
Nur Wulandari, Dr
Puspo Edi Giriwono, Dr
Siti Nurjanah, Dr
Share this page:
Editorial
Saat masalah yang terkait dengan mutu dan keamanan produk pangan yang dijual dihadapi atau terdapat produk pangan kompetitor diluncurkan di pasaran atau ketika produk pangan sejenis dikembangkan, maka Departemen Penelitian dan Pengembangan (R&D) di industri pangan menjadi divisi yang paling sibuk mencari solusinya. Departemen R&D berperan penting dalam menghasilkan produk pangan baru agar bisnis terus berkembang, sehingga Departemen ini sering disebut sebagai jantungnya perusahaan. Agar Departemen R&D dapat berperan secara optimal, maka literatur yang mendukung kegiatan R&D sangat dibutuhkan. Jurnal dan publikasi ilmiah hasil penelitian dapat menjadi salah satu sumber pembangkit ide dan sebagai referensi untuk mendapatkan solusi dari suatu permasalahan di industri pangan.

Untuk memenuhi kebutuhan terhadap literatur terutama bagi praktisi di industri pangan, Gabungan Perusahaan Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) bekerjasama dengan Departemen Ilmu Dan Teknologi Pangan (ITP), Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) menerbitkan Jurnal Mutu Pangan (Indonesian Journal of Food Quality). Oleh karena itu, jurnal ini merupakan publikasi ilmiah resmi dari GAPMMI dan Departemen ITP-IPB.

Sesuai dengan sasaran Jurnal Mutu Pangan, ruang lingkup naskah sebagai hasil penelitian dan komunikasi singkat terkait dengan kebutuhan para praktisi di industri pangan, baik naskah tentang pengembangan metode dan produk, teknologi proses pengolahan pangan, kajian kebijakan atau regulasi pangan, analisis risiko, rancangan sistem mutu dan keamanan pangan, rancangan bisnis atau studi kelayakan, serta mutu, gizi dan kesehatan. Pada setiap naskah disajikan Aplikasi Praktis yang memuat secara ringkas manfaat hasil penelitian dan potensinya untuk diaplikasikan di industri pangan. Pada Volume 1(1) April 2014 sebagai edisi perdana disajikan naskah hasil penelitian Kebijakan-Regulasi Pangan, Gizi dan Kesehatan, Mutu Pangan, dan Teknologi Proses. Selamat Membaca!
Harga Rp.60.000
Login

Copyright by jurnalmutupangan.com